Monday, October 13, 2008

Pelajaran Drum Untuk Pemula

Dengan pelajaran drum online di bawah ini temen2 bisa mulai belajar drum sekarang juga tanpa menggunakan drum set… hee… asik gak tuh… jd kita ga usah hrs punya drum dl utk bisa bermain drum… tanpa drum set pun temen2 bisa mulai belajar drum sekarang juga, saat ini juga! Ini bukan lelucon! =p Bagaimana mungkin? Jawabannya adalah "drum bayangan". Memainkan drum bayangan adalah berlatih main drum tanpa menggunakan drum set.

Di pelajaran pendek berikut ini temen2 hanya perlu mengayunkan tangan kanan seolah2 sdg memukul hi-hat, ayunkan tangan yang kiri seolah2 memukul snare, dan jejakkan kaki kanan seolah2 anda menginjak pedal bas drum. Kalo temen2 kidal, temen2 bisa mengganti fungsi tangan kiri untuk memukul hi-hat, dan tangan kanan untuk memukul snare. Kalo temen2 udh punya drum set dan sedang belajar main drum utk pertama kali, temen2 juga tinggal mengikuti instruksi dalam pelajaran di bawah ini.

Pelajaran pertama…. hmmm… Duduk di kursi senyaman mungkin, lebih baik kalo di didepan temen2 terdapat meja untuk dipukul seolah2 meja tersebut adalah hi-hat dan snare. Mulailah dgn memukul meja dengan tangan kanan anda seolah2 anda sedang memukul hi-hat. Kemudian, mulai berhitung dalam hati atau dgn keras jg boleh sewaktu memukul meja "satu, dua, tiga, empat, satu, dua, tiga, empat...", tiap hitungan temen2 harus memukul meja dengan tangan kanan. Temen2 sebenernya engga harus menghitung tiap memukul meja, tapi sedikitnya utk mengingatkan bahwa temen2 sedang melakukan putaran pukulan yg masing2 putaran berisi empat kali pukulan ke meja.

Berikutnya, kita tambah dgn belajar memukul snare drum. Untuk setiap hitungan “tiga” pukulkan tangan kiri ke meja seolah2 temen2 sedang memukul snare drum. Setiap temen2 memukulkan tangan kiri, pukulkanlah dengan lebih keras daripada pukulan tangan kanan.

Nahhh… sekarang kita belajar bas drum. Tetap mainkan pukulan dengan kedua tangan seperti diatas, kemudian pada setiap hitungan “satu” jejakkan kaki kanan kelantai seolah2 temen2 sedang menginjak pedal bass drum. Beat/irama yang terbentuk melalui pukulan tangan kanan & kiri serta kaki kanan adalah beat basic musik rock yang paling dasar dgn tempo 4/4.

Temen2 sebaiknya mulai berlatih tempo perlahan dan mempercepatnya saat temen2 sudah mulai terbiasa dan dapat memainkan beat dengan konstan. =)

Basic 4/4 Rock Beat
Hitungan : 1 2 3 4 1 2 3 4
Hi-Hat : x x x x x x x x
Snare : . . o . . . o .
Bass : o . . . o . . .

No comments: